THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 10 Maret 2011

The benefits of facebook

Facebook adalah salah satu fasilatas yang terbentuk dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Facebook dapat menghubungkan kita dengan orang yang mungkin kita kenal. Maupun berkenalan dengan orang baru yang belum dikenal sebelumnya untuk memperluas relasi dan membangun hubungan dengan orang lain. 

Menurut saya dampak dan manfaat Facebook :
1. Manfaatnya :
• Dapat memperluas pengetahuan dan wawasan
• Menambah banyak teman
• Kita dapat menulisan segala aktivitas atau perasaan yang sedang kita rasakan, yang biasanya disebut dengan status.
• Untuk menjalin persahabatan ataupun saling bersilahturahmi dengan teman lama.
• Sebagai ajang diskusi mengenai berbagai macam hal
• Sebagai sarana promosi
• Sebagai media dua arah antara masyarakat dan media massa
• Kita bisa berbagi foto/video dengan teman dengan cara membuat tag pada foto/video tersebut
• Kita bisa chatting dengan seseorang yang jaraknya berjauhan

Jadi,dengan facebook kita dapat memperoleh banyak keuntungan,khususnya bagi kita selaku pelajar. Namun internet telah dikaitkan dengan peningkatan dan penurunan modal sosial misalnya, berpendapat bahwa menggunakan Internet akan mengurangi waktu tatap muka dengan orang lain, yang mungkin mengurangi modal sosial individu. Namun, perspektif ini telah menerima kritik yang kuat (Bargh & McKenna, 2004). Selain itu, beberapa peneliti telah mengklaim bahwa interaksi online dapat melengkapi atau menggantikan interaksi secara pribadi, mengurangi kemungkinan kerugian atas waktu yang dihabiskan online (Wellman, Haase, Witte, & Hampton, 2001). Juga sangat dapat meningkatkan ikatan lemah yang dapat membentuk dan memelihara, karena teknologi yang cocok untuk mempertahankan ikatan tersebut murah dan mudah.

Beberapa peneliti telah menciptakan istilah "friendsickness" istilah untuk merujuk pada penderitaan yang disebabkan oleh hilangnya sambungan ke teman lama ketika orang muda bergerak menjauh ke perguruan tinggi. Setelah pindah ke perguruan tinggi kita harus membuat jaringan baru di kampus. Setelah pindah ke perguruan tinggi kita harus  membuat jaringan baru di kampus. Dan kita sering meninggalkan teman-teman sekolah (teman lama) yang berarti sepenuhnya meningggalakn lingkungan sekolah yang berarti hilangnya modal sosial.
Tetapi Facebook bisa membuat kita mempertahankan hubungan lama( yang telah lama) dan bagaimana berkenalan dengan orang baru (membentuk suatu hubungan baru). Misalnya, I have used Facebook to check out someone I met socially, iuse Facebook to learn more about other people in my classes, i use Facebook to learn more about other people living near me, I use Facebook to keep in touch with my old friends.

Fakta bahwa hampir semua pengguna Facebook(96%) menunjukan bahwa facebook dapat mempertahankan hubungan dengan mantan teman sekelas sekolahan dulu. Hal ini merupakan motivasi yang kuat untuk menggunakan facebook. Tidak mengherannkan, laporan 97% yang teman-teman sekolah(teman lama) telah melihat profil mereka. 90% atau lebih juga melaporkan bahwa teman-teman lainnya serta orang-orang di kelas mereka  telah melihat profil mereka agal dapat mengenal lebih dalam mengenai teman kelas yang baru.

Kembali ke pertanyaan penelitian awal kita, kita pasti dapat menyatakan bahwa ada hubungan positif antara menggunakan Facebook serta pemeliharaan dan penciptaan modal sosial.
Tampaknya facebook jejaring sosial memainkan peran penting dalam proses dimana siswa membentuk dan memelihara modal sosial, dengan penggunaan yang terkait dengan ketiga jenis modal sosial, termasuk dalam instrumen kita.
jejaring sosial mempermudah interaksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Hubungan yang kuat antara pengguna Facebook dan koneksi sekolah tinggi menunjukan bagaimana jejaring sosial (facebook) membantu menjaga hubungan dengan cara memindahkan cara komunikasi tatap muka dengan cara yang lebih cepat, mudah, dan murah. Hal ini dapat memfasilitasi sama ketika siswa lulus dari perguruan tinggi, dengan alumni dapat menjaga alamat email sekolah mereka dan dapat tetap berhubungan dengan komunitas perguruan tinggi. Interaksi secara online bukan berarti kita menghilangkan cara berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung ( tatap muka ), tetapi hanya saja interaksi online memang dapat digunakan untuk mendukung hubungan dan menjaga hubungan dengan orang-orang, bahkan ketika perubahan hidup memisahkan kita dari satu sama lain. Selain membantu populasi siswa,  menggunakan facebook sebagai teknologi dapat mendukung berbagai populasi, termasuk peneliti profesional, anggota lingkungan dan masyarakat, karyawan perusahaan, atau orang lain yang mendapatkan manfaat dari hubungan dipertahankan.

Kesimpulannya, tentu ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh sebagai anggota facebook. Diantaranya, bila kita ingin tersambung kembali (reconnected) dengan teman-teman lama yang sudah terpisah dari kita baik karena pindah tempat kediaman, pindah sekolah, pindah kerjaan, ganti status dan sebagainya. Termasuk bila kita ingin menyatukan kembali sanak saudara (relatives) yang mungkin sudah tersebar di banyak tempat. Fitur pertemanan akan sangat efektif untuk menyatukan kembali(reunite) sahabat-sahabat maupun keluarga atau famili yang sudah tercerai berai untuk bisa berkomunikasi kembali atau menyambung tali silahturhami ataua sekedar bernostalgia di dunia maya.

Menurut saya, tetap saja semua ada sisi positif dan negatifnya tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Yang artinya facebook bisa mendekatkan yang jauh juga bisa menjaukan yang dekat.



0 komentar: